Thursday, December 4, 2014

sensasi mengendarai berbagai macam motor


Motor di negri ini bagaikan kaki untuk bekerja. hampir setiap orang bekerja menggunakan motor. akhirnya motor tidak hanya sekedar alat tranportasi saja, tapi juga untuk gaya hidup, prestige dan lainnya. jadi motor menjadi bermacam majam jenis. dari bebek, matic sampai sport. aku sudah pernah memakai berbagai jenis motor dan sensasinya tentunya berbeda beda. banyak bikers mungkin juga pernah memakai berbagai jenis motor. kali ini aku hanya menjabarkannya saja.

1. motor bebek : motor bebek memang nyaman daripada moor sport apalagi saat macet, jadi karena ukurannya kecil jadi lincah di jalan yang macet. di jalan kosong juga mampu melaju 100km/jam itu sudah cukup cepat dan nayman. kita bisa menyesuaikan kecepatan motor dengan mengatur gear / giginya kalau cepat gigi 4 kalau sedang 3 sudah cukup. tapi kelemahannya jika di buat perjalanan jauh badan rasanya pegel pegel.


2. motor matic : pertama mengendarai matic dulu vario 110cc techno. rasanya begitu nyaman dan enak buat kemana mana, tapi pertama mengendarai matic rasanya kaki agak pegal soalnya posisinya berbeda dengan bebek jadi kaget tubuh kita jadi harus menyesuaikan dahulu. setelah itu buat perjalan jauh dekat lancar-lancar saja dan nyaman. karena tanpa gear atau gigi kecepatan melaju cepat jadi gak begitu kerasa tiba tiba sudah mencapai kcepatan tinggi karena akselerasi cepat tanpaoper gigi pula. mmemang enak tapi kalau begini motor jadi terlaluc epat juga gak baik buat keselamatan. yang penting di buat melaju dengan kecepatan standar sudah cukup nyaman dan enak. makanya begitu matic begitu di gemari karena kenyamanannya walau masalah suspensi masih lebih baik motor bebek.


3. motor sport : walau memakai kopling menaiki motor sport itu sebenarnya lebih nyaman daripada motor bebek jika tidak di jalan yang macet. kalaus udah macet tangan pasti pegal megang kopling atau gasnya. tapi hal itu tidak berlaku di motor sport di atas 150cc. contoh R25 dan CBR250. walau di kemacetan tapi gak  bikin capek pegang kopling dan gasnya karena sangat ringan. beda dengan dengan motor sport kelas 150cc yang dahulu yang bikin capek kalau capek dikit dikit kopling tangan jadi pegal pegal (aku dengar dari penututan berbagai teman dan saudara). kalau yang sekarang aku belum nyoba motor 150cc, mungkin sudah seringan motor 250cc kopling motor sport 150ccnya seperti new vixion dan cb150. hanya bisa mungkin saja karena belum nyoba sendiri. dan ajaibnya di buat jarak jauh badan sama sekali gak capek. hanya tangan saja agak lelah. kalau bebek emang gak kerasa pegel di tangan dan duduk di bebek dan matic terasa nyaman tapi setelahnya badan terasa capek dan pegal pegal. beda dengan sport buat jarak jauh hanya tangan saja yang agak pegal tapi badan 100% gak capek sama sekali padahal sangat jauh jaraknya yang aku tempuh (pengalaman saat touring naik cbr250 ku ke balekambang. pp sama sekali gak berhenti kecuali isi bbm & sholat. makannya setelah sampai rumah.

1 comment:

kabar info said...

motor di indonesia memang sangat banyak dan beragam tapi kebanyakan motor motor di indonesia sering menjadi pencurian motor , karena pengendara motor di indonesia belum terlalu mementingkan Asuransi motor tersebut