Wednesday, December 3, 2014

Motor bebek kian terkilas matic, akankah bebek bisa bertahan?

populasi motor bebek makin lama makin terkilas oleh motor matic, padahala walnya matic kurang di terima bahkan gak laku jaman pertama keluar dulu. Jet matic Kymco motor china ini telah mengeluarkan motor matic pertama kali di indonesia. tapi penjualannya tidak berjalan mulus akhirnya matic kymco yang sempat beredar di pasaran hilang seperti di telan bumi. kemudian beberapa tahun kemudian Yamaha berinovasi mengeluarkan matic yaitu Mio, matic pertama keluaran pabrikan jepang yang di pasarkan di indonesia. 

awalnya Mio ini di tujukan untuk kaum wanita karena praktis tidak perlu oper gigi tinggal gas saja. tapi pasar ebrkata lain, gak peduli pria atau wanita mereka gemar memakai mio ini karena kepraktisannya. walau terlihat aneh jaman dulu seorang pria mengendarai matic tapi kini bukan hal yang aneh malah di anggap lumrah. di saat itu penjualan mio sangat laris manis dan yamaha indonesia gak menayngka hasil karya emreka di terima di pasaran dengan sangat sangat luar biasa larisnya. kalau mio masih ada image motor buat cewek saingan mereka honda membuat matic juga tapi di buat untuk pria atau wanita imagenya jadi matic makin lama makin di terima. 

kini setelah beberapa tahun motor matic di rilis semakin lama semakin sukses. di mana mana rata rata masyarakat mulai memakai matic karena kepraktusannya jadi banyak yang beralih dari motor bebek ke motor matic. hali ini mulai kerasa di lihat penjualan matic yang kian laris dan motor bebek kian menurun. apalagi saat di jalan sebagian besar motornya matic semua. kalaupun bebek hanya beberapa itupun motor bebek seri seri lama. kalau seri baru jarang sekali. tapi walau demikian yamaha dan honda masih menelurkan produk bebek mereka. kalau honda sudah merilis supra x 125 model terbaru dan yamha merilis yamaha force dana kan mengeluarkan jupiter mx 150cc. 

akankan motor bebek bisa betahan dari gempuran matic yang kian lama makin di minati? apalagi matic memang motor nyaris sempura. bayangin saja sudah gak perlu oper gigi tinggal gas, perewatannya juga gak beda jauh dengan bebek malah hampir lebih ringan karena menggnakan vanbel jadi gak gampang rewel. kalau menggunakan rantai kan dikit dikit molor dan betulin ke bengkel kalau gak akan kemeracak dan bisa makin parah. kalau vanbel gak gampang molor, kalaupun molor gak kemeracak seperti rantai. itupun penggantian vanbelnya dalam waktu yang lama sama dengan mesin meggunakan rantai jika sudah saatnya ganti rantai. 

untuk tanjakan matic meman agak susah tapi bukannya gak bisa. aku sendiri menggunakan vario 125 di cangar berkali kali ya kuat kuat saja. apalagi menggunakan X-Ride matic buatan yamaha yang kuat dalam segala medan pasti di libas tanjakan maut sekalipun. masalah akselerasi juga matic gak bisa di remehin bahkan aku menggunakan matic bisa menyalip motor bebek baru atau lama & motor sport yang sudah agak lama keadaan standard. mungkin karena spornyta dan bebeknya menggunakan premium sedangkan motorku pertamax jadi performa tidak menurun sehingga memungkinkan meyalip motor bebek / sport yang masih menggunakan pemium. 

karena kelebihan kelebihan matic yang aku sebutkan tadi dan kelebihan lainnya yang belum aku sebutkan banyak orang lebih memilih matic. tapi bukan berarti bebek tidak memiliki kelebihan. dari cara mengendarai sensainya berbeda, kemudian rantai memang buat tanjakan gak gampang molor walau berkali kali untuk menanjak, sedangkan matic memang juga gak kalah sih tapi kalau terus terusa vanbelnya agak molor dan agak lebah buat nanjak kembali. motor bebek sayang kalau di hilangkan karena memiliki sensasi mengemudi yang unik dan berbeda dengan matic. sayang kalau lama lama terkilas matic. tapi penjualan motor bebek masih stabil sekarang walau gak selaris matic. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: