Monday, May 11, 2015

SIM kusus moge, apa benar-benar dibutuhkan?



saat membaca berita di berbagai media aku sempat membaca di sesi otomotif kalau akan ada sim tersendiri khusus untuk moge. dari 250-500cc dan 500-1000cc-an lalu apakah efektif dibuat seperti itu? menurutku sih kurang efektif soalnya pemilik moge tentu orang-orang yang punya uang jadi mereka bisa saja menggunakan uang mereka untuk mengurus sim dengan cara curang. untuk kelas 250cc-500cc ini yang bikin aku puyeng juga, soalnya kalau benar terealisasi jadinya aku harus urus lagi sim baru =_= buat apa kalau kelas 250cc ikutan? kalau alasan power gak bisa jadi alasan karena 2 tak saja juga gak kalah kencang, jadi kalau masalah powernya besar berarti 2 tak juga ikut sim khusus dong? walau gak sebanyak pemilik moge uangnya, bikers pemilik motor  250cc yang harus urus sim lagi tentu juga bisa cari jalan pintas buat dapetin sim khusus.

apalagi jarang banget lewat atau di gunakan motor-motor besar jadi jarang kena operasi, apalagi kalau touring sering di kawal polisi, masa harus cek satu persatu punya sim moge apa gak polisinya? kayaknya belum tentu di cek. jadi dengan berbagai kemungkinan di atas bisa di simpulkan sim khusus moge kurang efektif. apalagi sudah ada kursus moge, jadi rata-rata ridernya sudah pada mahir. biasanya kalau gak bener-bener lihai mereka gak bakalan berani bawa motornya takutnya kan bisa kecelakaan dan hal-bahaya lainnya jadi gak bakalan memakai mogenya kalau gak beneran pengen banget atau saat ada momen tertentu. semoga pemerintah kembali berbenah dan mengkaji benar-benar rencanya yang baik buat semuanya tidak asal ada peraturan baru yang malah bikin rakyat kurang puas atau dirugikan, semoga tidak begitu. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

3 comments:

ZN said...

kalo pun harus di bikin aturan, harusnya bukan cc ukurannya, tapi Power to weight ratio ato PWR, biar adil.

ZN said...

kalo r25 itu bukannya kapasitas mesinnya masih 249cc?, kalo masih 249cc berarti kan belum masuk yg kelas 250-500 cc dong?

Risdiken said...

semoga saja di benahi bro peaturannya biar adil. iya bro belum masuk, semoga aja gak kena sim baru juga, kalau kena apes deh hehehe