Monday, May 4, 2015

Moge honda via ATPM sangat segmented (CBR/CB650)


Honda akhirnya merilis harga resmi mogenya yang gak bisa di bilang murah. kita lihat saja CB650F harganya tembus Rp.235 juta sedangkan di bandingkan merk sebelah sudah dapat 800cc dengan harga yang sama. di saat pasar moge sangat segmented, dengan harga Rp.235 juta sangat relatif gak kompetitif dengan moge lain dan lebih segmented lagi. karena di dunia moge beda dengan dunia motor sport 150cc-an. mereka yang punya duit sudah gak begitu fanatik urusan brand, jadi kalau si bikersnya gak benar-bener suka dan punya duitnya yang mencukupi gak bakalan beli. masalah gak cuma di situ sebenarnya. dengan harga yang relatif mahal jika ada UI yang berani jual dengan harga lebih murah pastinya akan sangat gak mampu bersaing. tentu ini malah menguntungkan untuk bikers, walaupun belinya gak di ATPM resi cuma di UI saja tapi bisa di service di service resmi honda yang melayani service moge mereka.

hal itu juga sebenarnya juga gak bikin rugi honda, paling tidak mereka menerima ongkos service dari para pemilik moge honda waaupun beli lewat UI dan itu gak masalah karena dari awal mereka gak berniat serius jualan moge, hanya untuk sekedar flagship saja yang terlihat dari harganya yang terlalu tinggi. sebenarnya harga CB650F bisa sedikit di atas ER6N menurut penuturan beberapa info, kalau beneran sedikit di atas ER6N harganya tentu banyak yang ngiler pengen beli para pecinta moge dengan harga di bawa 200juta-an. tapi karena mereka lebih memilih buat flagship saja siap-siap bikers yang demen moge honda satu ini cuma bisa geleng-geleng sambil berpaling ke merk lain yang lebih murah tapi lebih unggul spesifikasinya. 

untuk versi CBR1000SP mungkin masih masuk akal harga segitu karena motor kelas utama memang harganya di atas 500juta walau masih overperice dengan merk lain juga. tentu kalau di atas 500 juta sudah tinggal selera saja, bikers di kelas ini gak mempermasalahkan harga tapi ke eksklusifitasnya. sedangkan untuk kelas 500cc mungkin masih lumayan banyak pemiliHnya karena hargannya 'lumayan' kompetitif. walau tetap saja mahal untuk ukuran motor 500cc dengan rem depan tidak double cakram. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: