Friday, May 15, 2015

Helm sangat penting bagi keselamatan bikers, jangan remeh bro

Disini Bikers kurang memperhatikan helm mereka, terkadang hanya menggunakan helm alakadarnya yang belum tentu aman buat berkendara. memang hidup mati orang Tuhan yang tau tapi kalau gak berusaha kan sama saja bunuh diri. pernah ada kejadian temanku sendiri, dia beli apa aja bisa tapi untuk helm dia malah males beli jadinya memakai helm alakadarnya. suatu ketika dia kecelakaan dan pingsan dan helmnya retak-retak agak parah. setelah siuman dia kembali melakukan perjalanan, untungnya dia gak apa-apa cuma helmnya yang jelek saja yang rusak.

walaupun begitu dia masih enggan membeli helm yang baru dan menggunakan helm lamanya yang sudah rusak itu. ia memakai helm cuma takut polisi saja. hal ini gak baik karena helm memang untuk keselamatan bukan biar gak di tangkap polisi. saudara-saudaraku juga pernah kecelakaan dan lumayan parah, syukur dia memakai pakaian tebal dan helm yang bagus jadi dia gak apa-apa sedangkan helmnya banyak goresan saja dan saudaraku itu baik-baik saja. sama seperti aku juga yang terjatuh beberapa bulan lalu, untungnya memakai helm yang bagus dan helm full face jadinya cuma kaca helm dan bagian depan tergores saja gak sampai kena wajahku. 

kalau saja memakai helm non full face bisa jadi wajauhku terluka parah tapi karena full face helmku jadinya tidak terluka di bagian wajah/muka. terkadang kita membeli helm bagus di cemo'oh orang. "ngapain beli helm mahal-mahal yang murah saja cukup, sok banyak duit tuh orang" padahal sang bikers membeli bukan untuk gaya-gaya'an saja tapi untuk keselamatan. kalau kita beli helm murah sama saja menghargai nyawa kita dengan harga murah. motor boleh murah tapi helmnya harus bagus untuk keselamatan. 

kalau kita tidak cukup uang gimana? ya sebaiknya kita nabung buat beli helm yang bagus untuk keselamatan, sementara helm apa adanya tapi kita harus lebih hati-hati sampai kita bisa beli helm yang lebih baik. satu lagi cerita kakekku dulu yang bilang, sekitar 4 tahun lalu, di jalan depan rumah ada kecelakaan, si bikers terjatuh/terpleset dan kepalanya kena ban truck tapi karena helmnya kuat anehnya cuma terseret kesamping gak sampai terlindas. helmnya memang bagus sekali kayaknya cuma tergores saja sedangkan orangnya gak ada luka sama sekali sekedar kaget saja. bayangkan kalau memakai helm biasa pasti sudah pecah kepalanya kena ban truk yang besar itu.

nah itu sebagai contoh buat kita para bikers agar tidak menyepelehkan helm. soalnya helm memang sangat vital. memang sekarang sudah banyak bikers yang sudah memiliki helm bagus walau sebenarnya cuma buat gaya-gayaan tapi kan helmnya bagus jadi lebih aman. sedangan beberapa bikers yang remeh mending dari sekarang jangan remeh dan perhatikan keselamatan kita saat di jalan. jangan pedulikan di kata orang berlebihan, motor seumpama motor bebek beli helm sport. soalnya biarpun bebek kalau kencang dan kecelakaan bisa fatal apalagi di bagian kepala, jadi helm yang bagus kualitasnya sangat kita butuhkan bukan sekedar gaya tapi sebagai pengaman keselamatan. 

jadi seperti bapak tadi biarpun supra x motornya helmnya bagus jadi saat kecelakaan masih bisa tertolong, hal ini bisa kita jadikan contoh. memang kita gak menginginkan kecelakaan terjadi pada diri kita tapi setidaknya kita berjaga-jaga agar lebih aman saat di jalan. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: