Wednesday, May 27, 2015

Alasan kenapa aku males beli matic tanpa arm

aku dahulu punya matic tanpa arm belakang seperti matic-matic lainnya pada jaman dahulu, karena matic dengan arm dan suspensi ganda sangat jarang. paling-paling skywive dan nouvo. sejak dari pertama matic mulai ramai aku amat-amati kok aneh gak kayak motor bebek? motor bebek kan punya suspensi ganda dan tentu ada armnya sedangkan matic kok gak ada? apa gak bahaya gak ada armnyaa kayak gitu? tanya diriku dalam hati saat itu. jadi aku melihat matic lewat malah mencemooh dalam hati : "motor apaan itu bahaya kok di jual, gak safety banget" sampai akhirnya orang tuaku membeli vario 110 generasi pertama. aku males melihatnya, aku bilang ke orang tua kenapa gak beli supra x 125 saja? kata orang tua soalnya nyaman matic itu jadi lebih memilih matic. aku terap bersikukuh males makai matic kalau gak terpaksa ya gak aku pakai.

akhirnya saat kepepet aku kepaksa memakai matic itu dan aku rasakan ternyata nyaman banget nih. selain itu matic lincah  dalam bermanuver di jalan membuatku seneng memakai matic akhirnya. tapi walaupun seneng perasaan was-was tetap ada saat itu kan sehebat-hebatnya matic itu tetap aja gak ada armnya  jadi resiko mmasih terpikirkan. di jalan aku sering banget lihat matic yang bannya oleng, ya gak kaget sih karena gak ada armnya jadi munkin itu bikin lebih mudah oleng. sampai akhirnya 2 tahun berlalu setelah membeli matic, ban sudah gak enak jadi aku ganti tubeless sekalian. entah karena yang memasang ban baru sambil bercanda jadi kurang rapet bautnya atau memang ada hal yang lain yang membuat ban motorku lepas!

sahabat bikers bisa bayangkan ban kempes saja dorongnya susah bikin capek apalagi tidak mendorong tapi menyeret, pasti sangat melelahkan. karena gak ada bannya terpaksa aku seret motor seberat itu sendiri ke bengkel yang jaraknya lumayan jauh. kejadiannya saat mengantar adik ke surabaya, aku senpat buat ngebut gak ada masalah gak kerasa oleng, eh saat macet ban tiba-tiba gak mau jalan aku gas, setelah aku lihat kebelakang ternyata copot ban motorku! aku sangat kaget, baru ganti ban kok malah lepas bannya, "jangan jangan ini yang masang gak bener, sampai lepas gini" ucapku waktu itu dan sempat akan komplain karena masang ban baru 2 minggu tapi sudah lepas sendiri, itu sebuah kelalaian yang bisa mengakbatkan kecelakaan bisa di tuntut nih. untungnya aku gak saat melaju kencang, kalau kencng bisa ndlosor nih.

aku akhirnya menyeret sampai ke bengkel, karena terlalu lelah aku meminum teh botolan sampai 2 gelas ludes masih haus. setelah di coba pasang gak bisa harus di las katanya karena aku seret tadi jadi ada yang rusak  velg roda motorku. aku sangat marah pada karyawan toko yang memasang ban itu tapi karena sibuk aku biarkan saja akhirnya. nah setelah di las, ganti kampas rem dan lain-lain akhirnya bisa jalan motorku. sejak kejadian itu aku jadi agak trauma memakai motor tanpa arm.  orang tuaku kuatir sehingga di jual dan ganti dengan vario 125 yang sudah ada armnya walau masih satu suspensinya. sejak saat itu aku enggan membeli matic tanpa arm lagi, walaupun fiturnya lampu sudah led semua beserta kelebihan lainnya tapi kalau masih tanpa arm males banget membeli motor itu walau kaya fitur,. jadi alasan aku males membeli motor matic tanpa arm karena aku takut kenapa-napa lagi seperti kasus vario putih tadi. salam bikers salam persaudaraan, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: