Tuesday, May 5, 2015

Salah strategi pemasaran R25 menjadi kurang sukses, kini yamaha memulai strategi harga pada MT-25

Dulu saat launching R25 yamaha membandrol motor itu dengan harga tinggi, kenapa harga tinggi? dengan spesifikasi nyaris sama dengan ninja 250fi tapi beberapa part seperti suspensi lebih baik ninja dan cuma unggul di sektor handling dan power, R25 di patok harga 54 juta OTR Jatim. aku saja dulu berpikir terlalu mahal nih kan statusnya lokal R25 kenapa cuma selisih dikit dengan ninja 250fi? kan aneh. ninja segitu mahal kan ada biaya bea cukai, sedangkan R25 tidak, membuat R25 terlihat kemhalan dengan harga segitu. tentu aku memilih motorku dengan pemikiran yang sudah bulat. selain karena selera ada beberapa alasan lainnya, daripada beli ninja bekas 50jt-an mending beli R25 sudah dapat baru nambah dikit. dengan harga lebih murah tapi tergiur powernya yang lumayan lebih tinggi daripada ninja akhirnya kupilih R25. melirik CBR 250 , aku gak mood model fireblade karena bentar lagi keluar 150cc dengan model yang sama, kenalpot panjang membuatku kurang suka dan yang paling parah harganya tembus 50 juta. terlalu deh kalau cbr 250 segitu harganya, jadi aku timbang-timbang daripada ninja sudah banyak yang punya alias main stream, dan segi spesifikasi juga sedikit berbeda membuatku membeli R25 walaupun dalah hitungan kemahalan.

memang jujur aku kurang suka dengan R25 saat lihat di foto-foto internet tapi setelah lihat langsung di pameran aku langsung suka. kembali ke topik awal, dengan harga yang menurutku sangat over price yamaha terlalu pede dengan R25nya. penjualannya saja bisa menyalip ninja 250fi dan sampai-sampai kawasaki ketakutan karena pasarnya direbut yamaha! tapi itu tidak berlangsung lama. di pandang sebagian bikers kemahalan karena produk lokal harga CBU dan nama besar ninja sudah mengakar kini R25 menurun drastis penjualannya. kawasaki pun yang awalnya panik mau launching Ninja 250FI yang baru tahun ini jadi batal dan tenang-tenang saja. kini yamaha mulai sadar diri dan mau berbenah dengan di patoknya harga MT-25 di kisaran 45 jutaan OTR jakarta. dengan begitu masih masuk akal harganya dan ini bisa menyodok Z250 & Z250 SL. menyodok Z250 karena sama-sama 2 silinder tapi MT-25 lebih murah jauh (Bikers gak peduli CBU/bukan yang penting berkualitas, keren dan harga bagus), Nyodok Z250 SL karena harganya mepet banget. nambah dikit sudah dapat MT-25 yang tentu lebih superior membuat bikers bisa berpaling dari Z250 SL.

itu hanya gamabran saja, di lapangan bisa berbeda tergantung bikers sendiri. kini sisi negatifnya sangat terasa jika benar-benar di bandrol segitu harganya. karena dengan R25 bisa selisih 7 jutaan lebih, padahal mesinnya sama cuma beda settingan ECU saja. hal itu membuat bikers yang sudah beli R25 merasa ditipu harganya yang seharusnya murah di bandrol mahal. kalau diturunkan prestige dari R25 sendiri bisa turun dan di cap jelek jadinya. ini bisa jadi sebuah dilema untuk yamaha, kalau ngotot harga tetap bisa bisa R25 yang termakan saudaranya sendiri MT-25. harga tetap tapi dapat bonus muffer dan asesoris lainnya masih masuk akal. kalau tertulis harga tetap tapi dapat potongan besar senilai 5-7 juta seperti yang di isukan juga bisa jadi pilihan tapi gak baik strategi ini entahlah. kalau saja yamaha dari awal membandrol harga yang pantas pada R25 ini pasti bisa jadi bikin kawasaki keteteran terus! tidak sesaat seperti sekarang. tapi nasi sudah jadi bubur entah strategi apa yang di rencanakan yamaha agar menguasai pasar motor sport tanah air. di sisi lain Honda gak tinggal diam sepertinya jadi yamaha harus lebih pintar lagi dalam mengatur strateginya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: