Tuesday, May 19, 2015

Kenapa lampu motor matic lebih cepat rusaka daripada motor lainnya?

sumber gambar dari yahoo.co.id

Sebenarnya ini bukan hal baru, dari dahulu aku melihat ternyata lampu bohlam pada motor matic lebih cepat rusak daripada motor lainnya. nah aku bertanya tanya kenapa bisa gitu? sebagian orang ada yang berpendapat kalau kelistrikannya terlalu besar untuk lampunya otomatis lampu cepat panas dan mengakibatkan cepat rusak dan mereka berpikir itu wajar. tapi bagiku itu tidak wajar, seharusnya semua part motor dari bawaan di buat tidak sembarangan dan tentu sangat berkualitas, membuat motornya kan juga riset tidak ngawur jadi kalau ada yang tidak beres seperti lampu gampang rusak berarti itu tidak wajar. kalau tidak wajar gitu kan biasa beberapa motor saja, maklum produksi motor secara masal dengan jumlah yang sangat banyak ya gak mungkin bisa semuanya beres semua, tapi ini malah hampir semuanya yang mengalami lampu matinya. setiap di jalan selalu matic ada yang mati sebelah lampunya, kalaupun tidak biasanya masih baru. kalau sudah lama ya pasti mati satu dan satunya lagi akan menyusul. aku saja memakai motor matic ganti 2x sama-sama cepet mati.

jangan berpikir hanya motor matic yang dual headlamp saja, karena sebenarnya yang single headlamp juga begitu cepet rusak, malah ada yang sebentar banget sudah ganti lagi. aku baru denger saat dengar radio yang membahas motor dan ada yang telpon di radio kalau lampunya cepet banget mati. dan perlu di ingat ini tidak hanya satu merk saja ya tapi beberapa merk yang berbeda mengalaminnya. lalu kenapa bisa begitu? apa benar ada kesalahan perhitungan dalam menelitinya sehingga cepet rusak semua lampu motor matic yang bohlam? lalu tanpa disadari kesalahan itu berlanjut ke tahap berikutnya yang berakibat motornya begitu semua gampang rusak lampunya. atau ada problem lainnya ya? entahlah, semoga semakin lama semakin membaik kualitas motor matic di negri ini.

memang gak semuanya begitu tapi yang mengalaminya gak sedikit, jadi tips buat bikers daripada pusing-pusing dikit-dikit ganti lampu lagi mending pasang lampu led bila motornya belum ada lampu lednya. mahal dikit tapi awet gak gampang ganti sampai waktu yang lama. aku saja dulu mau memasang lampu led di motor maticku tapi keberu di jual jadi batal. nah mungkin produsen motor tau kelemahan matic di lampunya sehingga mereka kini mulai merilis motor matic sudah kebanyakan memakai lampu led. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

2 comments:

ZN said...

kalo lampu bohlam motor itu kan wolframnya kan lebih tebal dari pada lampu bohlam biasa, jadi kalo sering mati itu mungkin karena tegangan yang terlalu tinggi, tapi saya juga belum pernah ngukur berapa tegangan pada lampu, pada waktu Rpm mesin rendah sama rpm tinggi....

Risdiken said...

memang matic cepet banget bro matinya kalau gak led rugi sekarang hehehehe