Saturday, May 11, 2019

Moge overheat di jalan? Jangan panik


Pakai moge memang asik, keliling kota atau touring gas langsung joss melesat jauh. Dan tentu di iringi suara merdu bikin makin nikmat wkwkwkwkwk. Masalahnya kadang keasikan riding kita lupa kondisi motor apalagi pas macet ya ngeri karena bisa overheat motornya. Makanya moge gak boleh terlalu pelan karena itu. Nah bila enak-enak riding tiba-tiba motor overheat gimana? Gak perlu panik. Kata beberapa orang dih di diemin 4 jam baru nyala kembali (tergantung jenis motornya juga). Jadi lebih baik di diemin dulu biar dingin setelah itu baru bisa di pakai. Lah kalau overheat di jalan nunggu 4 jam gak lucu dong. 

Iya storing saja hehehe lebih baik daripada di naikin belum lama sudah bisa tapi malah bisa bikin jeroan motor makin banyak yang rusak. Ada yang bilang nyalain saja biar di kipasin, tapi ya kurang efektif menurutku apalagi bisa bikin aki tekor kan. Pengalaman Risdiken kemarin pas riding bareng, eh CBR1000RR teman rusak overheat! lampu nyala terus tanda mesin terlalu panas. Tempratur turun drastis tapi lampu nyala merah di dasboard penanda tempratur over masih nyala dan motor masih gak mau nyala. 

Untung datang teman baik kebutuhan rumah dekat dan ternyata 1 jam sudah bisa nyala di utak atik.  Kamipun melanjutkan perjalanan pulang, lah ternyata pas mau sampai rumahnya eh mau overheat lagi, untung gak jadi. Jadi kenapa bisa mau berhenti lagi? Tanda mesin kurang dingin,  jadi cukup beresiko. Jadi bila terpaksa buru-buru diemin 1 jam cukup lalu nyalakan motor dan bawa pulang atau lebih baik ke bengkel moge terdekat. Sahabat bikers sekalian pernah ngalamin overheat? Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

Vlog Risdiken :

Sunmori Seru part 1


 Sunmori seru part 2



No comments: