Thursday, April 4, 2019

Pengalaman Risdiken pakai hp Sony dari SD

 Sony Z5 & C5 Ultra.


Urusan fansboy, asli Risdiken netral bila di motor, tapi kalau hp beda cerita. Risdiken fanboy banget dengan HP sony. dari Risdiken SD dulu sampai jadi om-om gak bisa lepas dari HP sony. walau sony sudah gak jualan di sini, tetap banyak yang jual bekasnya apalagi yang di jual kelas flagship, ya pakai itu saja daripada pakai hp lain hehehehehe. pernah sih selain sony yaitu HP Treq (sekarang sudah punah wkwkwkwkwk) & Huawei ketika masih jamannya 3G. untuk kepuasan sih gak puas-puas amat, apalagi yang risdiken pakai ya yang kelas menengah saja. cuma karena senang ya pakai saja. alasan senang sih, itu saja karena sudah terbiasa. Hp pertama dulu jaman layar hitam putih, suaranya ringtone tiut-titut.

HP keduaku pakai Sony Ericsson, K310i. yang pertma lupa seri berapa hehehehehe.

kalau gak salah sih Hp Sony risdiken pertama dulu Sony Ericcson T series cuma lupa aku. memorinya saja cuma beberapa MB saja. kemudian punya uang lebih beli lagi Sony Ericsson K310. ini versi murah dari termurah K series. layarnya saja gak jernih, kurang jelas, foto masih VGA (di bawah 1 megapixel), gitu saja termasuk lumayan mewah dulu. temanku punya versi di atasnya seperi K550 layarnya bening, bikin ngiler saja. hanya orang berduit saja yang punya waktu itu. HP masih tergolong barang mewah dulu, tidak seperti sekarang ini siapapun punya. jadi urusan hp pokoknya sony titik deh waktu itu. 

 HP Sony ke 3 Risdiken, W200.

brand sony masih dengan Ericcson jadi Sony Ericsson, brand ini sempat pula pakai W200, versi murah walkman series, layar sama persis dengan K310 tapi lebih tebal karena memory lebih besar, ada slot memorynya juga jadi bisa nampung lagu banyak. saat pakai K310 gak ada slot kartu memory, lagu mp3 cuma bisa nampung 2-4 saja, itupun kompresan. ya parah banget deh. baru versi W ini puas Risdiken langsung simpen lagi 1GB lebih, dulu segitu banyak banget lho. bahkan lagu lama masih ada sebagian di hp sekarang. fanboynya risdiken bukan fanboy gila buta ya, walau suka cuma sekedar suka gak menutup mata merk lain ada yang gak kalah bagus contoh Nokia versi yang mahal-mahal bagus dan keren dari segala fitur dan tampilan. tetap ada sedikit rasa merk yang aku pakai lebih unggul, tapi gak gila seperti fansboy kelas berat.

Risdiken pakai ini sebenarnya senang, tapi di tengah perjalanan hp ini hilang pas nganter adik berobat, nangis waktu itu. uang celengan belum full maunya beli W910 waktu itu RP.4-5 jutaan. sekarang sih dapat deh HP full display super jernih, touch screen, foto jernih, ram dan internal besar dan luas, dulu cuma dapat hp slide saja wkwkwkwkwk. tapi jangan remeh ya, walau layar seperti itu urusan suara sony ericsson outpout suara di headsetnya mengglegar seperti bioskop! versi mahal sekarangpun headsetnya kalah dengan dulu, malah serasa biasa saja dengan merk lain. kalau dulu beda banget. makanya aku sangat meyayangkannya.

hp risdiken ke 4, banyak kenangan dengan hp ini.

W200 hilang aku terpaksa beli W660, yang ini lebih baik karena layar sudah jernih, foto 2Mp sudah cukp bagus waktu itu, buat musik pakai headset asli nyaman dan nikmat. hp ini pula awal mula Risdiken suka foto-foto karena hasil fotonya lumayan bagus untuk ukuran saat itu. hp berjuta-juta 5 jutaan rupiah lah masih 8MP megapixelnya. dari sini akhirnya terus berkembang dan beralih ke pocket, lalu prosumer dan akhirnya DSLR & Mirrorless. di saat ini Risdiken juga mulai menabung-nabung untuk beli hp lagi, tentu ya Sony hehehehehe. saat itu sangat ngincer W910, W995 hanya impian belaka. oke nabung dan harga hp mulai turun. apalagi hp layar sentuh mulai beredar tapi bukan android, melainkan symbian. Risdiken hendak beli yang masih Java yaitu Aino pas ada uang karena W995 sudah gak di jual.

Xperia X10 Mini, HP andorid pertama Risdiken, HP sony yang ke 5. awal mulai ramenya andorid  dari Sony salah satunya ini.

akhirnya uang ada, berangkat deh bersama ispar, apesnya di tengah perjalanan apes pula, body motor bagian depan Revo 100cc hancur untung masih bisa jalan. mau beli aino kok malah habis nih, waduh Risdiken bingung, ada yang sudah Android yaitu Xperia X10 mini, atau yang besar X8 kalau gak salah. karena spesifikasi lebih bagus X10 mini ya mabil yang X10 mini saja akhirnya. karena hasil fotonya lebih bagus dri W660 risdiken suka travel untuk foto-foto mengabadikan keindahan pemandangan yang aku lihat. saat pakai hp ini pula Risdiken mulai suka Tourung seperti yang sering Risdiken ceritakan. pakai hp ini cukup lama juga, bahkan sampai beberapa tahun hpnya signal mati masih bisa nyala. Risidken pakai sekitar 3-4 tahunan hp ini tabungan untuk beli hp akhirnya terkumpul siap beli hp berikutnya.


Xperia L, Hp Risdiken yang ke 6, HP android terkenal cukup mewah saat itu. masa di mana SOny belum kalah dengan Samsung. walau dopwngrade Xperia SP, hp ini cukup enak di pakai.

nah saat beli hp sony yang berikutnya Xperia L. HP dengan layar cukup lebar saat itu (4.3 Inch). saat itu kisaran 3 jutaan, gak kebayang ya, sekarang seigtu dapat Hp ram 4 GB wkwkwkwkwk. ini merupakan versi downgrade dari Xperia SP. sama seperti K310i Risdiken dulu, downgrade dari K550i. walau downgrade, layar gak sejernih Xperia XP gambarnya sudah cukup bagus, bahkan hasil foto mirrorless camera di tampilkan cukup tajam. saat nyoba hasil fotonya Risdiken wiiih kagum, juernih banget saat itu rasanya. gila, ini hp cocok banget buat hobyku foto-foto. memang hasilnya bagus dan tajam walau jepret fotonya butuh proses lama. asli mantep, tajam dan halus. Risdiken cukup setia dengan HP ini cukup lama.

bahkan gara-gara hp ini pula Risdiken jadi makin gila fotografi (foto-foto pemandangan) karena hasilnya bagus banget saat itu, tajam. bahkan camera pocket dan prosumer kalah bagus dan pas hasil jepretannya. seperti apa yang kita lihat ya itu yang kita dapat bila foto di cahaya yang normal bukan malam hari. gonta ganti camera gak puasss banget, masih kalah dengan camera hp ini. akhirnya si adik bawa camera mirrorless bikin Risdiken shock, inikah kualitas camera sesungguhnya? luar biasa tajam. sampai akhirnya Risdiken beli mirrorless dan puas deh hasilnya. jadi pakai mirrorless masih pakai Xperia L risdiken. pakai hp ini cukup lama sampai tombol volume copot semua dan juga camera. akhirnya rusaknya LCD belang dan gak bisa nyala. sudah pernah di belikan online ternyata partnya cacat dan gak dapat ganti rugi, ya biar kan saja akhirnya.

HP Sony Risdiken yang ke 7 Sony Xperia C3

nah sebelum ganti dari Xperia L ke Sony C3 risdiken pakai hp lain sebagai tambahan yaitu Treq Tune Z2, layar amoled termurah tapi cukup keren hpnya dan tipis. ini hp non sony Risdiken yang pertama. kemudian setelah hp Sony Xperia L rusak risdiken kembali beli hp non sony yaitu Huawei honor 3C lite (bekas). ya bekas karena lagi ngirit  saat itu, toh hp masih bagus. pakai ini gak begitu lama karena ya kebiasaan sony, gak pakai rasanya kayak gimana gitu. akhirnya nyari deh hp sony. saat itu Sony mulai jarang dan gerai di mall banyak yang tutup. hmm nyari online dapat deh Xperia C3 (bekas juga) yang versi 4G. Risdiken pakai ini hp cukup puas dan cukup lama. biarpun body sudah hancur masih cukup tangguh. bahkan ada white spotnya tetap masih kuat. ram dan memory cuma 1/8GB gak jadi soal. hp huawei risdiken di pakai Ibu, Risdiken pakai ini.

C3 yang Risdiken dapat bodynya parah jeleknya, camera belakang minus karena buram. risdiken akal bersihkan dengan pasta gigi (pepsodent snatndard, lainnya gak bisa dan ini bukan promosi ya cuma sharing). setelah berhasil lumayan nih gambarnya tajam tapi kurang vivid dan kontrasnya. mau ganti belum ada uang. saat itu mulai banyak HP Sony Docomo dan Internasional (bekas) bikin ngiler. Z5 saja 3 jutaan waktu itu bekasnya. padahal barunya muahal banget saat itu. cuma bisa ngiler, lihat Z1 & Z2 big saja ngiler. ya pakai terus nih hp sampai rusak wkwkwkwkwkwkwk. setelah rumah tangga ya kebutuhan lumayan banyak jadi Risdiken mulai ngirit. mau beli baru mahal amat, jarang pula sony. online garansi internasional claim di singapore, wadah gak mantep nih. beli seken saja deh. akhirnya ngelirik ada Z2 Compct murah nih, oke COD pas di Surabaya karena sekalian urusan kerja di sana. lihat-lihat agak ketipu karena camera buram ternyata banyak baretnya.

Sony Z2 Compact, HP Sony Risdiken ke 8

ya layar oke, spek oke tak masalah lah, finishing jelek sih lem-leman tapi masih oke di pakai risdiken gak komplain, toh murah banget hpnya. ya nyari performa saja jadi bukan masalah banget. perofrmanya yang bikin Risdiken kaget. browsing dan internet kayak kilat. apalagi karena terbiasa pakai hp ram dan memory kecil, ram 2GB dan memory 16GB rasanya banyak banget. ya yang kerasa gak enak panasnya, khas sony flagship jaman dulu. pakai hp ini gak lama banget, bahkan tergolong sebentar karena belum lama sudah hilang. akibat kurang hati-hati plus kecerobohanbikin hp Sony yang mulai Risdiken andalkan ini hilang. maunya aku taro tas seperti biasanya, eh di minta saudara tolong angkat barang, oke taro kantong baju di dada saja deh. setelah beres Ridiken berangkat ke Bangil urusan kerja. nah di tengah perjalanan lumayan ngantuk, jadi sliut-sliut dan terdengar seperti ada yang jatuh. Risdiken tolah toleh gak ada apa-apa ya lanjut. pas keadaan ngantuk menghajar aspal bergelombang bunyi jatuh kembali terdengar. lagi-lagi tengok semua sisi kok gak ada apa-apa? lanjut deh, akhirnya nyadar pas isi bmm kok kantong kosong? berarti tadi hp Risdiken yang jatuh ke dek, dan kedua kalinya jatuh dari dek dan hilan tanpa bekas.

lagi-lagi tinggal C3 yang masih setia menemani Risdiken untuk sehari-hari. kembali, waktu sudah berlalu lumayan lama Risdiken masih gak tertarik dengan hp lain. sudah terlanjur pakai sony lainnya jadi males, padahal kan jaman ini HP china/lokal sudah sangat bagus kualitas layar dan fotonya speerti Oppo, Vivo dll. kemudian merk lain juga menyusul seperti Xiaomi dan Asus. ya Risdiken nyari HP murah-murah saja deh pengen sony lagi banyak butuhnya, beli docomo kok ya ragu-ragu?. akhirnya belilah hp lain non sony yaitu Sharp SH02 yang layarnya tajem dan hpnya ternyata bagus. HP ini gak lama karena belum setahun sudah matot akibat di cas dengan HP Asus yang fast charging. biasanya sih gak apa-apa, tapi ya apes saja sudah pakai cas lain masukin lagi fast chargingnya asus dan blank deh layarnya mati. nah disinilah Risdiken dengan terpaksa beli Sony docomo! uang di bawah 2 jutaan ada Z5, Z4 (Z3 Plus) dan Z3.

HP Sony Risdiken yang ke 9 Sony Z3 Plus biasa di penjual di namai Z4

ya pilih Z3 saja deh sudah cukup bagus walau bekas dari luar negri ternyata cukup mulus. eh mau ambil di tawarin Z4 saja dengan harga selisih dikit cuma beda lecet dikit banget dan tertutupi silicon. oke deh ambil Z4 jadinya. aku pakai, gila hasil foto dan rekaman Videonya maknyussss beda dengan hp Risdiken wkwkwkwkwkwk. ram 3GB internal memory 32 cukup lega banget karena masih pakai C3 yang 1 GB ram dan internal 8GB. asik dan muantep hp ini. buah harian joss banget. di adu hp 3 jutaan merk lokal/china ya lewat deh hp lainnya wkwkwkwkwk. ex-Flagship sih, performa joss, camera juga joss gandoss. hp termantep Risdiken. apalagi layarnya wiiih juooosssss. pakai hp ini juga gak lama. soalnya ganti dengan Sony Z5. awalnya saudaraku beli Z5 AU bukan docomo ya. hmm asik nih, camera dan videonya juga joss jadi pengen. tapi Risdiken sabar saja deh, ngincer Z5 premium. eh di saat itu HP Huawei Risdiken yang di Pakai Ibu bermasalah, ya jual murah deh dan Z4 Risdiken di pakai jadi beli deh Z5.

Xperia Z5 sebelah kiri gambar. HP Sony Risdiken yang ke 10.  sebelahnya C5 Ultra HP Sony Risdiken yang ke 11.

oke pakai Z5 cukup nyaman dan lebih aduhai lagi. sayang deh gak jadi beli yang premium layar lebih besar. ya gak apa toh ini bagus, nikmati saja dan memang oke. triluminos displaynya super vivid gambarnya. memang masih kalah terang layar IPS sony VS super Amoled samsung, tapi X-Reality dan Triluminos Display bikin warnanya jauh lebih hidup. gak masalah lah, apalgi bebas shadow dan tompel wkwkwkwkwk. ada white sport duikit banget gak masalah. toh lama menjalarnya. jelas hp ini sur-sur banget rasanya di pakai. lebih ngebut warna lebih hidup. buat nonton di hp joss gandos pokoknya. nyaris sama dengan Z4 tapi beda dikit dari segi layar, camera dan entah apa lagi pokoknya di rasakan kerasa bedanya. sangat puas dengan hp ini Risdiken. Risdiken pakai sampai bulat Maret 2019 kemarin hp ini yang akhirnya hilang di telan bumi karena kelalaian Risdiken. huff sebel minta ampun. 

nah sebelum HP itu hilang Risdiken ada rejeki mau mabil Z5 Prmium atau C5 ultra ya? soalnya C5 layar jauh lebih lega, dan bezel samping tipis poool. akhirnya milih yang layar gede ambil C5 ultra deh. ini yang Risdiken impikan dulu, gak nyangka sekarang punya. aku pikir mimpi ternyata jadi kenyataan walau baru sekarang dan hpnya bekas. bekas tapi mulus lus kayak perawan, fullset pula. headset dan charger masih normal, nota pembelian juga ada, semuanya komplit. wah mantep banget nih. tapi namanya bekas gak luput dari kekurangan. ternyata banyak minusnya. salah satunya yang parah batrainya drop. ya ganti batrai sehat lagi di pakai nyaman bnget. layar pas gedenya. 6.2 inch asli lebar bukan 6 inch memanjang. jadi di pakai cukup nyaman. audio juga enak dan keras. untuk hiburan cukup memanjakan mata. Bravia Engine series juga bekerja cukup baik. walau bukan flagship hp ini bukan abal-abal. dulu berandai-andai dan bercanda dengan teman bilang ayo balapan beli C5 Ultra.


segi camera depan 13, belakang juga 13 joss banget hasilnya gak kalah dengan Z5. ya kurangnya segi warna. setelah lihat Z5 terus lihat hp ini warna jadi kebanting. tapi gak apalah untuk lihat film cukup nyaman dan lega untuk ukuran hp. di pegang juga nyaman, asli muantep. Risdiken bersyukur punya 2 hp ini dan lebih dari cukup.tapi sayang gak lama, malah bentar pakai C5 Ultra ini karena hilang bersamaan dengn Z5, jadi hilang 2 sekaligus. ya cukup shock sih, tapi mau gimana lagi. Risdiken pasrah serahkan sama yang di atas. padahal Risdiken mau siap-siap ingin beli XZ3 mau nabung eh hilang, dan kebetulan kebutuhan numpuk jadinya larinya ke sony bekas lagi kali ini Z5 Premium tapi yang docomo. HP Risdiken yang sekarang Sony Z5 Premium docomo. 

biarpun beklas dan murah, asli muantep hp ini seperti Z5 malah lebih. lebih tajam lagi dan mantep lah pokoknya. jejerin S8-S9 atau samsung veri note gak gentar. tapi kedepan Risdiken bakal beli HP Samsung S9 atau 10/Huawei P20 Pro atau P30 Pro saja bila beli baru, masalahnya harga di atas 10 jutaan tapi garansi sonynya internasional, ada apa-apa klaim ke luar negri ribet. jadi ya yang ada garansi resm saja. semoga saja terwujud dalam waktu dekat wkwkwkwkwk. kalau sony seken ada jual murah lagi sekelas XZ3 ya gak apalah seken lagi wkwkwkwkwk. ya inilah pengalaman Risdiken pakai HP sony. dari SD sampai bapak-bapak kepala 3 wkwkwkwkwk. sahabat punya cerita? silahkan di share juga. salam ya.



No comments: