Friday, April 5, 2019

Pasar motor sport 150cc kelak makin turun, pabrikan siap ancang-ancang?



Pasar 150cc seperti yang kita tau di bandingkan 2017 jauh lebih sedikit. Jaya-jayanya saat Vixion Lighting dan advance bersaing ketat dengan CB150R. Setelah itu maxy scooter booming dengan N-max matic besar harga murah. Apalagi Vixion sejak update model kurang bertaji. CB150R memimpin tapi penjualan gak sebagus duel dengan Vixion dulu. Melihat pasar matic besar terus naik dan sport 150cc menurun mereka jadi lebih fokus ke maxy jadinya. Maxy scooter makin banyak pilihan, sport makin sepi. 

Hal ini juga karena untuk gengsi maxy scooter sudah bisa gantikan sport 150cc naked. Otomatis pasti ada pergeseran beli motor untuk prestis walaupun gak semuanya. Suzuki agak telat walaupun jualan bagus sportnya tapi gak terlalu banyak. Honda sudah ada PCX, yamaha ada N-max dan aerox 155, suzuki siapkan juga matic besar yang siap bersaing dengan N-max dan PCX. Jadi cepat atau lambat pasar sport makin turun (barunya, bekasnya belum tentu walau gak banyak). Apalagi motor bebek yang pakai gigi percepatan mulai di tinggalkan, orang bisanya cuma pakai matic nanti, beli sport 150cc naked jadi mikir berkali-kali. 

Selain maxy scooter gak kalah prestis, pakai motor kopling perlu adaptasi walau gak terlalu lama sekalipun kalah praktis. Kalau sport fairing masih mending karena prestis masih lebih tinggi dari yang naked, tapi jelas gak bisa banyak-banyak amat. Risdiken pernah bahas ini dan pabrikan pasti juga sudah menyadari, mereka seakan sudah ambil ancang-ancang. Sahabat bikers sekalian ada pendapat? Silahkan opininya. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: