Tuesday, September 23, 2014

Inreyen Motor terutama R25

Kali ini aku membahas inreyen motor atau biasanya di sebut ngereyen. jujur saja aku gak tau apa apa cuma di kasi tau saudaraku tips nya dan lihat beberapa petunjuk. karena aku jarang ngereyen motorku ya biasanya langsung pake. berhubung ini motor R25 jadinya mau aku rawat sungguh sungguh termasuk inreyen ini agar performa optimal dan tidak mengalami gangguan akibat tidak baca intruksi di buku.

Sebenarnya mungkin tidak aku saja yang bertanya tanya apa jaman sekarang motor masih harus di inreyen? orang orang bingung karena beberapa pendapat motor jaman sekarang gak perlu inreyen karena sudah di set agar langsung pakai. apa itu benar? setelah aku baca buku panduan R25 ternyata harus di reyen bro. coba lihat di gambar di bawah ini biar jelas

 Nah gambar di atas aku ambil dari bukupanduan. terkadang orang gak melihat buku pandual langsung pakai jadi gak bisa mengoptimalkan kemapuan motornya. jadi ada baiknyaa baca-bca dulu sebelum di pakai. aku lihat hindari di atas rpm 7000r/m! saringan oli mesin, catridge dan elemen saringan oli harus di ganti. wihh susah amat ya? kalau hanya di bawa rpm 7000 dengan gear 2 sekitar 60km/h kalau pelan terus sampai km1000 wah gila nih susah amat ya ngerawatnya. bagi bikers yang rumahnya aman dari begal atau maling motor enak enak saja jalan 60km/h di sana sini inrenyennya tapi gak semua tempat aman kayak gitu. kalau terlalu pelan di daerah yang rawan gitu bisa bisa mengundang kejahatan begal lihatnya pelan banget "oke bisa di jadikan sasaran yang empuk" pasti berpikir begitu para pelaku kejahatan bila ngelihat motor kelas 250cc jalan pelan. jadi sangat sangat berbahaya soalnya hampir di seluruh indonesia namanya curanmor atau begal itu ada. di jakarta ibu kota saja marak. jadi inreyen itu sebenarnya dilema menurutku bagi motor sekelas 250cc an kayak gini.

sebenarnya aku ada ide sih mungkin ini ide jitu bila ragu mau inrenyen dengan kecepatan segitu mengundang kejahatan. beli saja jagang tengah khusus motor 250cc lalu jagang tengah jalankan motornya gas sampai rpm7000 untuk R25 untuk motor lain ya sesuai panduan. nah kalau ban muter km kan jalan (pengalaman cbr 250 ku begitu dulu) R25 belum nyoba soalnya jagang tengahku aku kasi kepada pembeli cbrku dulu jadi harus beli lagi dan kebetulan belum beli uang habis total buat bayar R25nya =_= nah jika cara itu bisa nambah km kan bisa nambah km dan putaran mesin sampai ke km 1000-1600 kita gak perlu repot repot inreyen di jalan yang sangat rawan sekarang ini. sama aja jalan kan soalnya walau di jagang mesin dalam juga muter ini hanya kesimpulanku.

gak enaknya lagi saat inreyen ini gak boleh boncengan di sana tertulis jangan memberi beban terlalu berat dulu wah susah pool kalau ngereyen di jalan jadi mending di jagang tengah dan gas terus hehehe bbmnya habis lama lama ^^ masalah efeknya kalau gak di reyen dengan benar aku kurang tau. kalau saudaraku bilang bisa ngurangin top speed makanya tiap motor top speednya beda walau motornya sama tergantung yang reyen katanya sih. kalau untuk R25 dalam buku panduan itu hanya mempercepat mesin panas. tapi gak di sebutin apa bisa nurunin top speed dan gangguan yang lainnya. tapi aku gak berani mencoba coba gak inreyen terlalu beresiko. kalau ada penurunan performa  dan masalah lain kan jadi ruwet malah.

untuk R25 1000KM maks kecepatan 60km/h atau rpm 7000 setelahnya 1000-1600 kecepatan 71km/h nah masalah 71km ini masukan aja gear 3 agar gak terlalu keras bunyi mesin agar gak terlalu panas mesinnya. kalau masa reyen sudah berakhir jangan di masukin gear 3 kalau mau kencang tetap gas gear 2 sampai habis rpmnya baru masukin gear 3 di jamin speed menggila dan sadis nih. kalau mau santai ya gear 3 saja agar irit bensin dan mesin gak terlalu push.

untuk cbr 250 aku gak baca pentunjuknya dahulu tapi omku juga ada cbr 250 katanya speed tetap sama 60km/h tapi cuma 1000km saja caranya sama persis dengan R25 tadi. kalau ninja gak tau soalnya gak pernah beli ninja mas bro. ok segini saja salam bikers salam saudara karena semua bikers adalah saudara!

2 comments:

obat perangsang wanita said...

saya nyarinya yang mengulas reyen ninja 250, tapi sama sepertinya ya

Risdiken said...

iya mungkin beda bro, tapi kalau reyen ninja mungkin 1000km sudah cukup kalau yamaha memang rata-rata 1600km. soalnya MX-king juga begitu 1600km juga