Saturday, September 20, 2014

Biker adalah saudara

Apapun motornya, apapun mereknya biker adalah saudara! jadi bagi sahabat bikers janganlah sombong atau arogan saat di jalan raya terhadap biker lain walau memakai motor keren atau semacamnya. karena semua bikar adalah saudara, kalau ada kesalahan atau salah paham sebaiknya di selesaikan dengan negeosiasi/damai jangan langsung emosi. kalau perlu ke pak polisi biar di tinjau masalahnya dan akan ada penyelesaian yang adil, tapi rata-rata bikers malah menghidari polisi alasan gak ada sim, atau takut kena pungut uang dan alasan lainnya. menurutku kalau gak merasa salah kenapa takut? yang takut sebenarnya dia merasa dirinya juga bersalah/punya kesalahan sehingga takut minta bantuan pak polisi untuk menyelesaikan masalah di jalan.

Aku sendiri orang yang setiah hari terjun ke jalan raya karena urusan kerja dan touring jadi aku ngerti betul sifat sifat biker di jalan. beberapa ada yang taat peraturan, ngerti rambu-ramu dan gak ngawur di jalan. ada juga yang sruntal sruntul gak tau diri mau se'enaknya saja seakan-akan dia yang punya jalan. gak peduli motor bagus, jelek, moge, matic atau bebek sangat liar dan suka nyrempet kanan kiri tanpa hiraukan yang lain dan merasa benar sendiri dan suka geber-geber motor. dan aku perhatikan biker liar semacam itu gak sedikit malah banyak sekali, nanti kalau sudah kecelakaan baru meneysal. kalau kecelakaan sendiri sih biarin biar tau rasa dan insaf kalau orang yang gak bersalah ikut kena imbasnya kan kasian. makanya jangan heran kalau angka kecelakaan motor meningkat setiap tahun karena kurangnya kesadaran pada bikers itu sendiri.


Jadi buat bro sekalian yang merasa bikers sejati janganlah seperti itu, kalau gak mau terlambat atau atau alasan macet ya berangkatlah lebih awal agar tidak telat walaupun macet. pernah kejadian di daerah pandaan biker yang ngebut nyerempet biker yang sekedar lewat akhirnya sama-sama jatuh dan seemuanya terlindas truk dan meninggal. darah berceceran bahkan tubuhnya sudah tak utuh. mungkin sebagian orang berpikir kasian atau ngapokin. kalau yang ngebut tadi masih bisa di kapokin karena mereka yang salah, tapi yang tidak bersalah yang jadi korban sangat kasian. gak tau apa-apa dan gak salah tiba tiba di sruduk dan jatuh dan terlindas truk. semoga kejadian itu tidak terulang lagi.

saat touring ke papuma, walau aku dan casper bawa motor matic dan teman-teman bikers lain bawa motor sport tapi mereka dapat menerimaku dan masih mau mengajak aku touring bersama cotoh bikers sejati dan baik hati

 Namanya bikers gak harus ngebut atau cepat yang penting selamat pelanpun tidak masalah. bukan berarti bikers gak boleh kebut-kebutan. kalau ngebut itu sah-sah saja kan motor juga bisa lari cepat tapi ngebutnya harus lihat situasi dan kondisi di jalan. kalau seumpama memang memungkinkan kenapa tidak? kan biar cepat sampai tujuan kalau tidak memungkinkan barulah kita harus pelan dan hati - hati di jalan. malah biker ngebut sangat di anjurkan dalam situasi tertentu. seperti jalan kosong dan sepi yang rawan begal atau rampok. kalau kita pelan pasti bisa jadi korban. kita harus dalam kecepatan tinggi sehingga rampok mau menjalankan aksinya batal karena biker cepat agak susah rampoknya karena keburu sampai ke tempat yang aman/rampoknya kesulitan mengatur rencan jika korban terlalu cepat. ngebut agar terhindar dari aksi kejahatan memang di perlukan tapi juga lihat situasi. mungkin menurutku rata-rata speed aman 100km/h gak terlalu cepat jika rem mendadak dan gak terlalu lambat. kalau di atas 150km/h gak ngnjurin deh ^^

 foto-foto bersama sahabat bikers

Aku menulis post ini jujur saja karena kesal lihat bikers lain yang se'enaknya, sombong/arogan dan mau menang sendiri. karena aku bikers baik-baik ya aku diemin gak aku ladenin toh sesama biker adalah saudara. jadi aku berharap semoga mereka sadar dan gak se'enaknya sendiri. padahal kalau adu motor juga belum tentu paling cepat. di atas langit masih ada langit bro jadi jangan sombong deh di jalan. segini saja dariku. salam bikers apapun motor, merek dan jenis motornya bikers adalah saudara jagalah kerukunan sesama bikers dan punya banyak teman di jalan pasti menyenangkan bro.

No comments: