Tuesday, January 28, 2020

Kisah kulinerku : Penjual Soto Ayam Cak Di



oke kali ini Rsdiken kembali menceritakan perjalanan kulinerku di sini. bukan cerita sedih, walau ada unsur sedihnya. kali ini Risdiken menceritakan langganan Soto Ayam Risdiken dari kecil Cak Di (Mas Di). oke, masuk ke cerita ya. Soto Ayam Cak di dulu berjualan di emperan Jl. Raya Porong, sebelah utara pertigaan Porong di barat jalan. soto ini cukup terkenal karena di pinggir jalan banyak yang tau dan banyak yang beli, tentu karena rasanya juga enak. gak banyak soto ayam yang seperti Cak Di, segi rasanya dan ketenarannya. 

bahkan soto Ayam pak Yakub (kini di teruskan Cak Mukhlis) belum begitu terkenal karena di dalam pasar Porong yang lama jualannya. dari rasa kuah sosotya, koyanya sampai nasinya begitu pas di mulut enak banget. asli ini dulu jadi soto terenak di Porong. Risdiken saat kecil sering beli di sini di ajak orang tua. dan saat SMP malahan beli 2 piring lho! padahal gak segemuk sekarang ya tapi habis dua mangkok soto ayam. ya porsinya gak terlalu banyak sih, jadi 2x masih kuat hehehehe. Cak Di berjualan di temani istrinya yang tercinta dan anak-anaknya yang juga sering membantu. 

maklum, cukup laris manis dan gak mungkin Cak Di sendirian bisa nanganin pelanggan yang berdatangan silih berganti. bahkan dari berjualan soto saja bisa bangung rumah mewah dan buka GYM lho.buka rental CD/DVD juga. akhirnya Cak di dalam berjualan Soto Ayam mulai kurang semangat karena istrinya sakit (katanya) dan yang jualan anaknya nerusin di warungnya. istrinya kadang jaga rental DVD aku pernah sekali 2 kali pas nyewa DVD film. saat itu entah kenapa jualan Cak DI sudah gak seperti dulu, dan setelah istrinya meninggal membuat Cak Di terpukul. semangat hidupnya sudah mulai meredup, gak bergairah jualan dan selama bertahun-tahun diam di rumah. 

Warung soto ayamnya sudah lama tutup. tapi anak-anaknya yang meneruskan jualan sotonya. setauku 2 anak laki-lakinya jualan soto semua. dari yang paling kecil sampai yang paling gede. yang paling kecil seumuran Risdiken lho, jadi ya cukup tua sekarang wkwkwkwkwk. dia jualan entah kemana Risdiken gak tau. kini anaknya paling gede Namanya Dayat atau aku biasanya manggil Cak Dayat. dia kini juga jualan. biarpun sudah sukses menjalankan usaha GYMnya, darah penjual soto masih mengalir di nadinya akhirnya dia jualan Soto ayam seperti sang Ayah dan hebatnya sukses juga biarpun di kaki lima malah di dorong.

Cak Di sedang melayani Rasa pas beli Soto


sudah kaya tapi tetap mau jualan soto ayam. bahkan jualannya beberapa jam saja sudah habis padahal sudah nambah nasi dari rumah beberapa kali. sampai sekarng masih salah satu soto ayam yang di perhitungkan di Porong. biasanya jualan keliling dan berhenti di pasar baru Porong kini di tengah jalan sudah habis jadinya gak pernah lagi jualan di pasar baru Porong. rasanya mirip sih dengan Cak Di, dari kuahnya sampai sambalnya, porsi dan dan nasinya. Risdiken sempat langganan juga tapi setelah menikah mulai jarang malah gak pernah sama sekali.

Soto Ayam Cak Di, muantap. 


ya beberapa kali akhir-akhir ini mulai beli lagi sih kangen. nah Si Cak Di awalnya sudah down, tapi entah kenapa semenjak pasar baru Porong di buka banyak orang jualan hati Cak Di tergerak dan mulai Move On lagi untuk jualan. dia akhirnya mencoba dari awal lagi jualan di pasar baru porong dan responnya lumayan. akhirnya Cak DI Kembali bersemangat dan memulai hidup baru sendirian bersama keluarganya tanpa istrinya yang sudah meninggal. Risdiken akhir-akhir ini kembali beli, dan Cak DI masih ingat aku padahal sudah bertahun-tahun gak beli.

bahkan Risdiken dapat cerita ini dari beliau juga tentang moven kembali setelah sempat gak jualan. maunya berhenti selamanya tapi mulai tergerak lagi dan tetap berjualan di pasar baru Porong. bahkan sama-sama habisnya walaupun sama anaknya berdekatan jualannya. tapi kini Cak DI jualan di Pasar snedirian karena anaknya gak sampai pasar sudah habis di jalan Soto Ayamnya. Risdiken nulis ini terisnpirasi saat beli lagi Soto Ayam Cak Di. rasanya khas dari dulu walaupuna da sedikit perbedaan. lokasi jualannya di tengah pasar baru porong. selamat mencoba bila penasaran.

No comments: