Tuesday, June 30, 2020

Es Tradisional mirip es krim yang terlupakan



Sahabat sekalian bagaimana kabarnya? Mohon maaf jarang update ya. Tapi masih aktif kok blog ini. Oke kali ini Risdiken bahas es tradisional yang dulu jadi es populer di jamannya termasuk Risdiken ketika kecil. Es murah dan enak. Jadi jaman dulu es krim masih mahal ini alternatifnya harga jauh lebih murah. Anak-anak jaman dulu lumayan suka ini es. Memang mirip es krim tapi bukan, jadi seperti air di bekukan berisi kacang hijau karena rasa kacang hijau lalu di masukkan ke tremos beku dan di bawa keliling oleh penjual. 

Biasanya ada yang jalan kaki ada yang naik sepeda. Jaman telah berlalu es ini jarang terlihat. Maklum sudah puluhan tahun jaman Risdiken kecil dulu. Eh baru-baru ini lihat dan entah kenapa Risdiken lihatnya jadi sedih. Dulu lihatin seneng lumayan populer jadi selalu banyak yang beli walaupun belum tentu habis semua dalam sehari. Sekarang mana suka es seperti ini jaman sekarang? Tapi masih ada yang jualan yang kemungkinan besar jarang yang beli. Lihat itu asli dalam hati Risdiken sedih, mau beli entah kenapa gak memungkinkan banget. 

Kini ada rasa coklatnya lho! 

Akhirnya suatu ketika eh depan rumah ada yang lewat Risdiken panggil dan berhenti langsung beli deh. Dulu kan murah banget, puluhan tahun berlalu kan gak tau harganya berapa? Akhirnya beli dan tanya ternyata tembus Rp. 3000/biji. Risdiken makin sedih melihatnya, harga segitu sekarang dapat es krim beneran yang jauh lebih enak. Kalau merk terkenal 3000 dapat yang pakai stick kebanyakan rasa coklat cukup enak, bahkan ada yang Rp. 1500an. Apalagi merk es krim baru yang jualan es krim murah di desa-desa cukup laris karena murah dan jauh lebih enak dari es tradisional tadi. Nah sama-sama Rp. 3000 ada yang jauh lebih enak jelas di pilih anak-anak jaman sekarang yang bikin es tradisional auto susah laku 😭😭😭. Apalagi kemasan es krim beneran bagus dan menarik, gak jarang di sesuaikan kesukaan anak-anak, tambah suka deh jadinya. 

Sedangkan es tradisional cuma plastik transparan doang dan rasanya jauh, anak Risdiken saja gak mau, cuma ponakan ada yang lumayan suka. Miris lihatnya dan asli Risdiken sedih banget kasian yang jualan 😭. Jadi karena masih ada dan tentu jarang laku sahabat sekalian bila ketemu mohon support lah mereka walaupun gak bisa bantu banyak minimal beli beberapa atau punya rejeki lumayan banyak beli lah dan kembaliannya ikhlasin ke penjualnya. Risdiken bukan bermaksud merendahkan mereka cuma sedih saja melihatnya dan sebisa mungkin ingin berbagai perasaan dan ingin bantu. Selain itu juga mengingatkan kita akan es tradisional. Marilah kita bantu semampu kita, walaupun kecil sekalipun lebih baik daripada gak sama sekali dan berarti bagi mereka. Sampai disini dulu tulisan Risdiken sampai jumpa di postingan berikutnya. Salam 🙏. 

No comments: